Monday, August 6, 2018

Macam Lomba Agustusan Yang Populer


Perayaan hari kemerdekaan tidak lengkap jikalau tidak diisi bersama dengan perlombaan. Terdapat bermacam macam perlombanan, tetapi hanya beberapa lomba saja yang memang wajib tersedia saat 17 Agustus.

Ada banyak sekali yang dijadikan pembelajaran dibalik penyelenggaraan perlombaan saat merayakan hari kemerdekaan. Seperti sebagai pembelajaran untuk memperkenalkan permainan tradisional Indonesia kepada anak-anak, pembelajaran berkenaan kerjasama, perjuangan, pantang menyerah dan cinta tanah air.

Berikut perlombaan tradisional Indonesia yang hanya diadakan terhadap saat 17 Agustus :

 1. Panjat pinang


Meski telah jarang diadakan karena beberapa orang berasumsi lomba ini merupakan lomba yang beresiko terkait alasan keselamatan peserta. Penggunaan batang pinang yang umumnya tinggi mengakibatkan kekawatiran tersendiri bagi beberapa orang yang berpartisipasi maupun tidak didalam perlombaan ini. Tapi terhadap umumnya, panjat pinang merupakan acara puncak berasal dari perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia.

Satu regu atau tim yang terdiri berasal dari beberapa orang bekerja sama untuk mampu memanjat pinang. Pinang berikut telah dilumuri bersama dengan oli atau minyak goreng supaya licin dan menjadi sukar untuk dipanjat demi meraih hadiah yang akan digantung di puncak pinang. Hadiah yang di gantung diatas pinang mampu bermacam-macam, layaknya rice cooker, sepeda, ember, tas, dan lain-lain.

2. Lomba makan kerupuk


Makin banyak variasi yang dilombakan bersama dengan bahan utamanya adalah kerupuk. Ada yang memberikan bubuk cabe terhadap kerupuk atau melumuri kerupuk bersama dengan saus sambal maupun tomat.

Lalu, peserta yang disertakan umumnya diambil alih berasal dari semua kalangan berasal dari anak-anak kecil sampai orang-orang yang lebih tua.

Kerupuk akan digantung sejajar bersama dengan seutas tali. Pemenang adalah orang yang pertama kali menghabiskan kerupuk secepat bisa saja tanpa manfaatkan tangan, hanya manfaatkan mulutnya.

3. Memasukkan paku ke botol


Biasanya peserta terdiri berasal dari 3-4 orang. Masing-masing peserta Mengenakan seutas tali yang terhadap ujungnya telah di ikat satu paku berukuran besar. Peserta akan diminta untuk berlari secepatnya ke botol yang telah disajikan dan peserta wajib memasukkan paku ke didalam botol tersebut. Siapa tercepat memasukkan paku adalah pemenangnya.

Permainan ini akan seru sekali jikalau dimainkan oleh orang yang lebih dewasa. Apalagi jikalau dilengkapi bersama dengan alunan musik, peserta akan diminta untuk menari saat musik dinyalakan, lalu diminta untuk langsung memasukkan paku ke botol saat musik dimatikan.

4. Lomba balap karung


Lomba balap karung adalah lomba yang amat simple tetapi amat seru. Biasanya peserta yang bermain terdiri berasal dari 3-4 orang lalu Mengenakan karung goni. Peserta akan dibariskan sejajar dan wajib melompat sampai ke garis finish. Seperti terhadap permainan lainnya, siapa yang sampai ke garis finishterlebih dahulu adalah pemenangnya.

5. Lomba lari kelereng


Peserta lomba sendok kelereng umumnya adalah anak-anak dan terdiri berasal dari 3-4 anak. Peserta akan dibariskan sejajar, lalu diberi sendok dan kelereng. Ada 2 versi berasal dari peraturan lari kelereng ini, :
1. Peserta wajib terjadi secepatnya ke garis finish, sekaligus menjaga kelereng supaya tidak jatuh berasal dari sendok. Jika kelerengnya jatuh, maka peserta kalah.
2. Peserta wajib terjadi secepatnya ke garis finish dan menjaga kelereng supaya tidak jatuh. Jika jatuh, maka peserta wajib berlari kembali ke garis start untuk menyita kelereng yang baru. Pemenangnya adalah peserta yang sukses mengumpulkan kelereng terbanyak di ember.

6. Lomba tarik tambang


Lomba tarik tambang umumnya diikuti oleh beberapa orang terhadap masing-masing tim, bersama dengan masing-masing tim berhadap-hadapan. Peralatan yang digunakan adalah seutas tali tambang dan sebagai pembatas umumnya di ikat sebuah sapu tangan atau pita atau mengakibatkan garis di tanah.

Masing-masing tim wajib menarik tali tambang supaya regu yang berlawanan lewat garis pembatas. Regu yang tertarik lewat garis pembatas dinyatakan kalah.

Merayakan hari kemerdekaan merupakan perwujudan rasa bersyukur kami sebagai rakyat indonesia dan mengenang pengorbanan para pahlawan serta mendoakan mereka. Kita memang wajib ikut berpartisipasi dan mengadakan perayaan hari kemerdekaan demi menanamkan jiwa-jiwa nasionalisme didalam diri untuk semua warga Indonesia.

Bagikan cerita Anda dan keluarga yang ikut berpartisipasi didalam acara perlombaan saat perayaan hari kemerdekaan terhadap kolom komentar di bawah ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih.



No comments:

Post a Comment