Thursday, August 24, 2017

4 Manfaat Permainan Lego Untuk Anak

Banyak sekali jenis dan manfaat mainan, salah satunya mainan lego yang memiliki banyak manfaat sekali bagi anak. Permainanlego adalah permainan yang bisa dipasang dan dilepas dan bisa dibentuk sesuai keinginan kita misalnya seperti rumah, gedung, mobil dan lain sebagainya. Permainan ini pertama kali diciptakan di negara denmark dan menjadi mainan favorit dikalangan anak-anak. Jenis mainan ini juga jenis mainan yang aman untuk anak jadi tak usah khawatir dengan mainan jenis seperti ini.

Banyaknya mainan lego yang kini banyak bermunculan jadi menjadi keasyikan lagi bagi anak yang ingin mencoba atau bermain dengan mainan ini, dan manfaat yang banyak sekali didapat dari permainan lego ini.


Berikut ini beberapa manfaat mainan lego untuk kalangan anak :
1.        Media Pembelajaran
Fakta tentang lego ternyata dapat menjadi media pembelajaran, tau kenapa? Karena lego memiliki manfaat edukasi yang banyak ternyata dan belum banyak yang tahu tentang mainan lego ini. Manfaat lego untuk media pembelajaran misalnya seperti :
-       Anak lebih mengetahui bentuk, mana persegi panjang, persegi, roda dan lain sebagainya.
-       Anak lebih tahu warna
-       Anak akan mengerti yang ingin disusun misalnya jenis bangunan, mobil dan lain sebagainya.

2.        Media Matematis
Didalam sebuah studi dan penelitian mengatakan bahwa dengan bermain lego ini akan meningkatkan kemampuan matematik. Apa saja yang bisa merangsang meningkatkan matematik dari permainan ini :
-       Mengetahui ukuran, seperti panjang, lebar dan tinggi.
-       Mengetahui beberapa titik lego dengan menghitung ada yang kurang atau tidak.
-       Dll.

3.        Kreatifitas dan Memecahkan Masalah
Selain untuk meningkatkan pembelajaran dini ada juga untuk meningkatkan kreatifitas hal ini diungkapkan oleh ahli psikologi dikarenakan seringnya ingin membangun atau membuat bangunan, tempat atau lainnya. Dan dapat melatih motorik halus karena dalam permainan ini akan terbiasa merangkai lego menjadi sebuah bangunan atau sebuah karya dan perlu ketepatan posisi yang pas.

4.        Media Sosialisasi
Permainan ini kenapa dapat dikatakan dapat melatih jiwa sosialisasi karena permainan ini paling asyik biasanya dimainkan secara bersama-sama dengan teman, saudara, ibu dan lain sebagainya, ini akan anak lebih mempunyai jiwa sosialisasi.

Itulah 4 Manfaat Permainan Lego Untuk Anak semoga bermanfaat bagi semua dan jangan lupa anak tetap dalam pengawasan orang tua saat anak bermain dengan mainannya.

No comments:

Post a Comment