Tuesday, July 18, 2017

Cara Mengetahui Mainan Yang Aman dan Berkualitas




Sebelum membeli mainan buat bunda perlu mengetahui mainan yang aman dan tidak berbahaya tentunya yang berkualitas walaupun itu dengan harga murah. Kenapa kita harus memilih mainan yang aman? Karena untuk menjaga buah hati kita, kita harus waspada dengan mainan. Walaupun mainan itu tidak runcing atau tajam tetapi perlu waspada buat bunda, karena mainan berbahaya tidak hanya tajam saja tetapi dengan bahan yang berbahaya seperti kimia pun dapat merusak kulit atau bagian tubuh anak, karena kulit anak atau bayi sangat rentang sekali terhadap kimia.

Bagi bunda yang ingin mengetahui mainan apa saja yang aman buat anak bisa baca artikel Cara Mengetahui Mainan Yang Aman dan Berkualitas, mangkanya kami rekomendasikan untuk membeli Mainan Yang Berkualitas dan Aman bisa anda datang langsung ke toko Raja Unik Kediri, Raja Unik Blitar dan Raja Unik Jepara disana juga akan banyak berbagai mainan perempuan dan laki-laki, bayi sampai orang dewasa dan banyak perlengkapan-perlengkapan. Karena untuk memilih mainan yang aman dan tidak aman sulit sekali untuk dikenali.

Mainan terbuat dari bahan kimia yang berbahaya seperti cadmium (Cd), chorium (Cr) merkuri (Hg,) dan timbal (Pb) menurut Yayasan Lembaga Konsumen (YLKI) yang ditemukan dalam bahan mainan pada tahun 2012. Mangkanya buat bunda harus berhati-hati karena selain zat kimia adapula pewarna mainan yang berbahaya. Jika membeli mainan jangan membeli mainan yang murah tapi berbahaya, tetapi pilih lah walaupun mahal tetapi berkualitas. Jadi intinya harga membawa jenis barang.

Inilah beberapa mainan yang aman untuk dijadikan acuan dalam memilih mainan yang aman dan berkualitas :

1.    Warna Yang Terang dan Cerah
Mainan yang terang dan cerah akan memiliki kualitas yang baik (untuk jenis permainan), dan manfaat lain dari segi keamanan dengan membeli mainan yang berwarna akan memberi manfaat pada bayi atau anak kita agar dapat belajar mengetahui nama dan jenis warna.


2.    Mainan Yang Ujungnya Tidak Runcing dan Tajam
Mainan berkualitas tidak selalu aman, maka dari itu pilihlah mainan yang tidak berbahaya misalnya memilih jenis mainan yang tidak tajam teksturnya. Dengan ini bunda pasti tidak was was saat anak bermainan dengan mainan tersebut. Dan buat bunda sebelum membelinya bunda harus jeli dalam melihat ujung dari mainan tersebut mulai dari sudut samping bawah atas dll.

3.    Mainan Berbunyi
Untuk mainan bayi usahakan jangan membeli mainan yang berbunyi terlalu nyaring ditelinga karena sangat berbahaya sekali, karena gendang telinga bayi sangat rentan sekali terhadap getaran-getaran suara yang terlalu nyaring. Dan pilihlan mainan yang berkualitas misalnya bunyinya tidak nyaring dan bisa untuk memberikan daya tarik pada anak. Misalnya berbunyi seperti lagu anak-anak atau bunyi hewan dengan itu anak akan mungkin akan tertarik. Biasanya permainan ini untuk belajari anak untuk merangkak atau berjalan. Caranya  Mainannya ditaruh agak berjauhan dari anak dan mainannya dibunyikan pasti anak bunda akan menuju mainan yang berbunyi tadi.

4.    Mainan Bebas Toxic
Anak diusia 1 tahun paling suka dengan menggit sesuatu yang didekatnya, makanya tadi saya jelaskan pilihlah mainan yang tidak mengandung zat kimia yang berbahaya. Karena mainan tersebut pasti akan digigit oleh anak diusia 1 tahun kebawah atau diatas satu tahun. Dan untuk bunda selalu mencuci mainan tersebut setiap hari agar tetap bebas dari bakteri atau kuman yang menempel pada mainan tersebut, biasanya untuk mencuci bisa menggunakan air panas dengan direbus atau Cuma dila dengan air panas.

Itulah artikel tentang Cara Mengetahui Mainan Yang Aman dan Berkualitas, semoga artikel ini dapat bermanfaat buat bunda-bunda dirumah. Dan jangan lupa share dan komentar jika ada kesulitan atau kritik dan saran.

No comments:

Post a Comment