Thursday, July 13, 2017

Jenis Mainan Edukasi Untuk Anak

mainan edukasi untuk anak usia 1 2 3 4 5 6 7 tahun

Memlih permainan yang aman dan mendidik untuk anak adalah pilihan yang tepat bagi sibunda, untuk mengambangkan kemampuan dan pertumbuhan sikecil. maka dari itu kita jangan melarang anak untuk bermain apalagi saat masih usia 2-4 tahun karena butuh aktif bermain. tetapi juga perlu pengawasan yang lebih karena di usia segitu anak belum benar- benar mengerti.

Dalam usia ini anak butuh bermain dan sekaligus melatih kemampuan motorik dan kepintaran. Tetapi kita juga harus pintar- pintar dalam memilih mainan buat anak. Jangan memilih mainan buat sikecil hanya memberikan kesenangan saja. Tetapi bunda bisa memberikan permainan yang mengandung edukasi untuk melatih dan membantu pertumbuhan kepintarannya.


Pada usia 2 tahun ini anak pasti akan mengalami masa yang penuh energi, tidak kenal lelah dan selalu sibuk berlari, memanjat kursi dan lain - lain. Bunda pastinya akan merasa lelah dengan anak yang seolah-olah tidak ada habisnya. Untuk itu, anda sebagai bunda harus pandai dalam mengalihkan kegiatan anak yang seperti itu.

Anak pada usia 2-4 tahun sangatlah senang untuk bermain, maka dari itu, bunda harus bisa menyediakan suatu mainan anak yang bisa membantu berkembangnya otak anak. jadi, tak sia sia juga waktu bermain si anak, dan tentunya bunda tidak akan mengeluarkan banyak energi buat si kecil.
Berikut merupakan macam-macam mainan anak usia 2-4 tahun yang di sediakan di rumah:

1. Mainan Blok
Dalam permainan ini mainan yang dirangkai dan dibangun menjadi tinggi sehingga anak dapat belajar suatu yang baru dan bisa untuk meningkatkan perkembangan otak anak. karena dalam permainan ini (BLOK) dikenal sebagai mainan yang edukasi merangkai huruf atau angka menjadi kata yang bisa dibaca. dan untuk permainannya biasa merangkai nama kota, nama orang, nama hewan dan lain-lain.

2. Mainan dapat dijalankan dan dinaiki (Aman)
Mainan ini dapat menjadi anak lebih aktif dan tentunya dapat menunjang perkembangan otak anak. Tetapi mainan ini sedikit bahaya jika anak belum benar-benar bisa jalan karena mainan ini jenis mainan yang dapat bergerak kemana-mana. Contoh mainan ini seperti kuda-kudaan, mobil-mobilan dan sepeda. Fungsi mainan ini untuk melatih gerak motorik pada anak, melatih suatu keseimbangan dan masih banyak lagi lainnya.

3. Mainan Susun
Mainan ini berbeda dengan Blok tetapi hampir sama, karena sama-sama menyusunnya. nah, terus apa bedanya? bedanya jika mainan blok disusun langsung tetapi jika mainan susun ini menggunakan media kedua atau lainnya seperti tumpukan cincin yang ditempatkan pada tongkat dimasukan atau biasanya dapat berupa seperangkat blok yang bisa dirangkai pada sebuah kawat yang lurus. Mainan ini berfungsi untuk merangsang motorik dan koordinasi antara tangan dengan mata anak.

4. Puzzle
Puzzle ternyata bukan hanya mainan orang dewasa saja. tetapi, anak juga butuh permainan seperti ini untuk melatih otak pada sianak agar dalam perkembangan anak dapat lebih cepat dalam merangsangnya. Permainan ini sangat edukasi sekali karena anak lebih aktif diotaknya karena menggabungkan teka teki seperti menggabungkan burung, alam bahkan wajah orang, yang dipisah-pisah terus digabung menjadi satu.

5. Permainan sehari – hari
Permainan seperti halnya sehari-hari anak - anak. seperti masak - masakan, dokter-dokteran dan guru-guruan (Belajar). permainan ini menjadi mainan yang sangat bagus sekali dibandingkan dengan mainan seperti poin ke 2. karena dalam permainan ini nilai edukasi bisa kita seraf seperti halnya guru-guruan, ada yang menjadi murid dan ada yang menjadi guru. hal ini tentunya dapat menjadi berkembangnya otak si anak. Mainan ini dapat melatih hidup sosial, kreatif dan berimajinasi pada anak.

]Itulah, Jenis Mainan Edukasi Untuk Anak bisa bunda sediakan di rumah untuk mengisi waktu anak bermain sekaligus untuk belajar membantu membangun perkembangan otak anak.

No comments:

Post a Comment