Monday, July 24, 2017

Jenis Mainan Anak Tradisional




Mainan tradisional merupakan mainan yang sudah ada sejak dulu. Mainan tradisional sekarang hampir punah di negeri ini, banyak negara asing yang mengklaim mainan di indonesia yang tradisional. Inilah efek dari anak negeri sendiri jika tidak mengenal permainan negeri. Maka nya anak bunda harus mengerti mainan anak tradisional di indonesia tercinta ini. Agar negara lain tidak bisa mengklaim permain anak tradisional indonesia,  mainan tradisional tidak kalah dengan mainan modern seperti halnya mainan hand spinner, robot-robot an dan lainnya.


Mainan anak tradisional masih bisa kita temui sebenernya di desa atau tempat plosok, karena disana permainan tradisional masih sangat kental. Silahkan ke desa atau tempat plosok jika anda ingin bermain bersama dan mengenal permainan satu-satu. Buat bunda harus mengenalkan jenis permain tradisional kepada buah hati dari anak-anak. Permainan tradisional tidak semuanya negatif banyak banget yang positif. Selain itu, permainan tradisional sangat hemat karena harga yang murah  dibandingkan dengan permainan modern saat ini.

Lalu, apa saja sih mainan anak tradisional murah berkualitas?
1.    Pletokan Bambu / Pistol bambu
Mainan ini terbuat dari bambu sesuai dengan namanya permainan ini seperti pistol yang bisa menembakan dan dapat berbunyi “DOR”  , permainan ini menggunakan peluru biasanya menggunakan buah salam dan kembang buah jambu gelas. Tetapi sekarang banyak bermunculan dengan pistol mainan modern menjadi permainan ini tertinggal.

2.    Kekean / Gasing
Permainan ini terbuat dari kayu, biasanya menggunakan kayu yang kuat, kokoh dan tahan dengan benturan. Seperti kayu lantoro, jambu klutuk dan kayu wadang. Tetapi biasanya orang menggunakan kayu lantoro. Posisi mainan ini juga sedikit punah karena ada permainan yang dari plastik (gasing) dan memudahkan dalam memainkannya.

3.    Dakon / Congklak
Permainan ini sudah kita bahas di artikel “4 Jenis Mainan Untuk AnakPerempuan” , selain permainan ini dapat membuat orang suka, permainan ini juga dapat melatih otak. Karena menghitung dan memakai akal. Permainan ini dulu dibuat di kayu atau langsung membuat lubang ditanah. Tetapi sekarang cukup membeli mainan di TOKO RAJA UNIK sudah bisa membawa pulang mainan ini dengan harga murah dan terjangkau.

4.    Egrang
Egrang biasanya terbuat dari bambu atau juga bisa dengan kayu, tetapi banyak yang menggunakannya dari bambu, selain mengasikan permainan tradisional ini permainan ini juga bisa mensehatkan tubuh. Permainan ini biasanya yang menggunakan orang yang sudah mau remaja. Karena permainan ini termasuk permainan yang berbahaya, karena bisa jatuh jika yang memainkannya tidak bisa menseimbangkan bambunya.
Masihkah bunda yang belum tau mengenai permainan tradisional? ini hanyalah sebagian kecil dari mainan anak tradisional, jika dalam artikel “Jenis Mainan Anak Tradisional” ada yang ditanyakan silahkan berkomentar dibawah. Dan jika ingin mencari Toko Penjual Mainan Tradisional Murah ya di Toko Raja Unik.

No comments:

Post a Comment